Tuesday, May 8, 2012

Mana perintah Yesus atau Tuhan untuk beribadah pada hari Minggu?

Tahukah Anda bahwa tidak ada satu pun dalil tertulis dari Alkitab bahwa Yesus atau Tuhan memerintahkan masuk gereja pada hari Minggu????
Yesus seumur hidup tidak pernah mengkuduskan hari Minggu.
  • Lukas 4:16 = "Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaannya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab."
  • Markus 1:21 = "Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, yesus segera mesuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar."
Jadi, Yesus mengkuduskan hari Sabtu.

Mungkin ini agak aneh dan bahkan dianggap sepele atau main-main saja. Padahal ini merupakan salah satu pertanyaan serius yang perlu dipikirkan, perlu diperhatikan, dan perlu dipertanyakan, karena menyangkut ritual yang secara terus menerus atau continue dilakukan dan diamalkan oleh hampir seluruh umat Kristiani di dunia.
Melakukan ritual ibadah wajib secara terus menerus tanpa dalil atau perintah dari Allah, merupakan ibadah yang sia-sia. Padahal apa yang dilakukan itu akan diminta pertanggung jawaban dihadap Allah. Oleh sebab itu wajarlah jika kita tirtjau kembali, apakah yang kita lakukan selama ini benar-benar punya dalil atau dasar yang kuat dari kitab suci kita, ataukah itu hanya berasal dari perintah Inanusia biasa atau pendapat para pemimpin agamanya, kemudian mewajibkan para pengikutnya untuk melakukannya.

Kalau hal seperti itu yang terjadi, kemudian di ikuti oleh para pengikutnya, maka itu berarti yang kita ikuti adalah ajaran manusia, bukan ajaran Allah. Contohnya, beribadah atau masuk gereja pada hari Minggu, ternyata tidak ada satu dalilpun didalam Alkitab yang menyuruh beribadah atau menjadikan hari Minggu sebagai hari yang harus dipelihara, disucikan atau dikuduskan. Oleh sebab itu bagi siapa saja yang bisa memberikan dalil yang tertulis dalam Alkitab bahwa ada perintah dari Allah untuk mengkuduskan, mensucikan atau menjadikan sebagai hari peristirahatan, maka kami sediakan hadiah tunai sebesar Rp. 10.000.000.-- (sepuluh juta) jika ada dalil di dalam Alkitab.

Sebenarnya jika benar-benar mengikuti firman Allah dalam Alkitab, maka hari peribadatan itu ialah hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu! Hari inilah (Sabat) yang ada dalilnya dalam Alkitab, bahkan perintah untuk memelihara, menjaga dan mengkuduskannya, jelas sekali ada tertulis didalam Alkitab itu sendiri. Apalagi yang menulis perintah untuk mengkuduskan hari Sabat adalah Allah itu sendiri, yang telah menoreh diatas kedua loh batu.

Bahkan kedua loh batu tersebut ditulis dengan jari tangan Allah sendiri, lalu Dia sendiri yang menyerahkan kepada Nabi Musa as untuk disampaikan dan diajarkan kepada kaumnya. Simak ayat frman Allah dalam Alkitab sebagai berikut:

“Setelah itu berpalinglah Musa, lalu turun dari gunung dengan kedua loh hukum Allah dalam tangannya, loh-loh yang bertulis pada kedua sisinya; bertulis sebelah-menyebelah. Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu. " (Ke1 32:15-16)

Sungguh ironis sekali, ternyata perintah Allah untuk menjaga, memelihara dan mengkuduskan hari Sabat, ternyata dilanggar dan juga tidak dipatuhi lagi oleh hampir semua umat Kristiani di dunia, kecuali sebagian kecil sekte Advent.

Padahal kalau kita baca dalam Alkitab, ternyata ada ancaman yang sungguh mengerikan, yaitu ancaman hukuman mati bagi mereka yang tidak memelihara dan yang melanggar kekudusan hari Sabat. Coba kita simak ancaman Allah bagi yang tidak memelihara dan mengkususkan hari Sabat.

"Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: "Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah Tuhan, yang menguduskan kamu. Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya." (Ke131:12-14)

Yang lebih menarik lagi yaitu, ternyata Yesus seumur hidupnya tidak pernah mengkuduskan hari Minggu. Seumur hidupnya Yesus selalu mengkuduskan hari Sabat dan setiap mengajar selalu pada hari Sabat. Yesus tidak pernah satu kalipun menganjurkan untuk beribadah atau mengkuduskan hari Minggu. 


Description: Mana perintah Yesus atau Tuhan untuk beribadah pada hari Minggu?, Rating: 4.5, Reviewer: admin, ItemReviewed: Mana perintah Yesus atau Tuhan untuk beribadah pada hari Minggu?

2 comments:

  1. Yesus menggenapi perjanjian lama spy terbit perjanjian baru ato injil, dan ibadahnya tdk mengikuti perjanjian lama sb kristen uda mati dr semua tuntutan hukum taurat yakni dibaptis dlm kematian sbg perlambang menjadi suatu ciptaan/manusia baru.
    Sebab seluruh perintah/tuntutan hukum akan betakhir jk seseorang sudah mati, dmn sifat hukum taurat illahi adapun manusia betsifat jasmani mk diungkap bw israel gagal melakukan suatu hukum allah sehingga allah memberi solusi dg cara mengutus anaknya yg punya kodrat illahi untuk mengerjakan seluruh perintah taurat dg sempurna.
    Jadi tugas yesus ada 2 : melakukan guna menggenapi semua perintah/tuntutan hukum taurat. Yg kedua : mengajarkan injil. Dmn orang kristen adalah ahli waris kerajaan sorga dan relasinya dg allah spt keluarga bapak dg anak dan meniadakan "hukum" diganti "perintah".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya ALLAH yang tau segalanya , kamu mengatakan ini yang benar dan itu yang salah , bertobat lah kawan
      Tidak ada satupun yang benar selain ALLAH
      Hidup bukan untuk menyalahkan sesuatu tetapi dimana kamu yakin dan percaya bahwa ALLAH selalu ADA
      jika kamu berani mengatakan sesuatu itu yang paling benar, berarti kamu menganggap dirimu sama seperti ALLAH
      Bertobatlah Karena ALLAH Maha pengasih Dan Penyayang

      Delete

Info Site:


free counters