Saturday, April 21, 2012

Ibadah umat islam tertib

Untitled Document

  1. Ibadah Umat Islam yang diwajibkan dilakukan adalah Sholat 5 waktu (Isya, Subuh, Dluhur, Azar, Maghrib : ISLAM). Karena saking wajibnya, sholat punya berbagai peraturan dari cara melakukan sampai waktu untuk melaksanakannya. Ilmu yang mempelajari untuk menentukan waktu sholat adalah ilmu falaq, sehingga bisa sholat serentak waktunya diseluruh dunia. Ini tertera di surat Annisa ayat 103:
    "Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (4:103)
  2. Masjid Umat Islam dibuat searah dengan penetapan dari Allah, yaitu mengarah ke Ka'bah (Masjidil Haram) di Kota Mekkah Saudi Arabia. Mekkah hanya sebagai patokan, agar kita (umat Islam punya Arah dalam beribadah), sehungga bisa tertib. Sesuai surat Al Baqoroh ayat 144:
    "Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan."
  3. Ibadahnya umat Islam yang mengarah ke Ka'bah ini dinamakan kiblat, sehingga seluruh umat Islam di seluruh dunia wajib sholat mengarah ke arah yang sama, yaitu ke arah kiblat. Kemana Arah Gereja??? 
Hukumnya di Al Quran:
  • Hukum Shalat Di Al quran ada 92 ayat
  • Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidilharam itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan. (2:144)
  • Dan sesungguhnya jika kamu mendatangkan kepada orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil), semua ayat (keterangan), mereka tidak akan mengikuti kiblatmu, dan kamu pun tidak akan mengikuti kiblat mereka, dan sebahagian mereka pun tidak akan mengikuti kiblat sebahagian yang lain. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti keinginan mereka setelah datang ilmu kepadamu, sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk golongan orang-orang yang dzalim. (2:145)

Description: Ibadah umat islam tertib, Rating: 4.5, Reviewer: admin, ItemReviewed: Ibadah umat islam tertib

0 comments:

Post a Comment

Info Site:


free counters